header image
 

Serial: Catatan Pojok

ORGANISASI DAN PEJABAT PENGELOLA BARANG MILIK DAERAH (BAGIAN 5)

YUSRAN LAPANANDA, SH. MH.
Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan & Aset Daerah Kabupaten Gorontalo

pena parker 1Pengurus Barang Pengguna.

Pengurus Barang Pengguna adalah Jabatan Fungsional Umum yang diserahi tugas menerima, menyimpan, mengeluarkan, menatausahakan barang milik daerah pada Pengguna Barang.

Pengurus Barang Pengguna ditetapkan oleh Gubernur/Bupati/Walikota atas usul Pengguna Barang.

Pengurus Barang Pengguna secara administratif bertanggung jawab kepada Pengguna Barang dan secara fungsional bertanggung jawab atas pelaksanaan tugasnya kepada Pengelola Barang (Sekretaris Daerah) melalui Pejabat Penatausahaan Barang (PPKD/Pejabat Pengelola Keuangan Daerah).

Dalam hal melaksanakan tugas dan fungsi administrasi, Pengurus Barang Pengguna dapat dibantu oleh Pembantu Pengurus Barang Pengguna yang ditetapkan oleh Pengguna Barang. Pembantu Pengurus Barang Pengguna adalah pengurus barang yang membantu dalam penyiapan administrasi maupun teknis penatausahaan barang milik daerah pada Pengguna Barang.

Pengurus Barang Pengguna dilarang melakukan kegiatan perdagangan, pekerjaan pemborongan dan penjualan jasa atau bertindak sebagai penjamin atas kegiatan/ pekerjaan/penjualan tersebut yang anggarannya dibebankan pada APBD.

[Selanjutnya…]

fix-2Penghargaan demi penghargaan sudah banyak diraih oleh pemerintah kabupaten gorontalo dalam hal pengelolaan keuangan. Penghargaan ini lahir dari beberapa inovasi  pemkab gorontalo untuk menunjang bahkan mendukung program kegiatan di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan pemkab gorontalo. Di antara begitu banyaknya inovasi tersebut, Trilogi Pengelolaan Keuangan yang menjadi daya Tarik tertinggi diantara daerah – daerah lain. Trilogi yang meliputi Anugerah Pengelolaan Keuangan Daerah (APKD), PROBADUT (Prosedur Tepat Berkas Lengap Dua Jam Cair Tanpa Pungutan dan Tanpa Biaya) serta Sidang Majelis Pertimbangan Tuntutan Ganti rugi (MP-TGR) yang telah banyak menunjang pengelolaan keuangan di Pemerintah Kabupaten Gorontalo hingga diraihnya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Plus di Tahun Anggaran 2015.

Hal ini pun menjadi salah satu alasan bagi Pemerintah Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat untuk study di Kabupaten tertua di wilayah provinsi gorontalo ini. Kota yang berjarak 56 KM dari Kota Padang atau 25 KM dari Bandara Internasional Minangkabau ini memilih Kabupaten gorontalo dalam rangkaian studi komparasi terkait pelaksanaan Sidang Majelis Pertimbangan Tuntutan Ganti Rugi (MP-TGR) dan Layanan Probadut yang gaungnya sudah terdengar diseluruh wilayah Republik Indonesia.

[Selanjutnya…]

Kombeautyplus_20160802142833_saveitmen pemerintah daerah kabupaten gorontalo untuk membumikan Selamanya  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terus digemakan. Hal ini dibuktikan dengan 10 strategi yang telah dibangun semenjak meraih hingga mempertahankan opini WTP untuk yang ke-Enam kalinya dengan predikat WTP PLUS dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI untuk tahun anggaran 2015. Meskipun didaulat sebagai yang terbaik namun tidak menyurutkan tekad pemkab gorontalo dalam melahirkan berbagai inovasi-inovasi terbaru untuk menunjang pengelolaan keuangan di kabupaten gorontalo.

Salah satu inovasi terbaru dari pemerintah daerah kabupaten gorontalo adalah pembentukan Gedung KASDA ONLINE / Kantor Layanan PROBADUT yang merupakan penyatuan dari seluruh pelayanan yang ada di Dinas Pendapatan pengelolaan keuangan dan aset daerah Kabupaten gorontalo baik pelayanan tagihan dokumen Satuan kerja perangkat Daerah (SKPD) hingga penerbitan SP2D, Pelayanan Pajak daerah hingga dengan proses pencairan di Kantor Kas Bank SulutGo.

Ini menjadi dasar dari Kabupaten Bone Bolango untuk melihat langsung serta mempelajari inovasi yang diciptakan oleh pemkab gorontalo tersebut. Kunjungan pemkab bone bolango ini dipimpin langsung oleh Sekretaris DPPKAD Bonbol, Yusni Bulilio, S.Sos didampingi oleh Kuasa BUD, Ruaida Uloli, Kasubag Keuangan, Meriyati Hadju, SE dan Kasubag Perencanaan, Deddy Irfandi Arifin, SE serta beberapa staf. Tim stuban Pemkab bonbol  ini diterima langsung oleh Kuasa BUD, Nurdjana Utiarahman diruang pelayanan Probadut Dinas PPKAD Kabupaten gorontalo, Kamis (8/9).

[Selanjutnya…]

« Berita Sebelumnya