header image
 

Catatan Pojok

YUSRAN LAPANANDA, SH. MH.
Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan & Aset Daerah Kabupaten Gorontalo.

uang tunaiSehingga dengan demikian, dipahami bahwa organisasi pengelolaan keuangan desa sebagaimana yang diatur di dalam pasal 3 sampai dengan pasal 7 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, terdiri dari: (1). Pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan desa, dijabat oleh kepala desa; dan (2). PTPKD/perangkat desa yang terdiri dari: (a). Koordinator pelaksana teknis pengelolaan keuangan desa, dijabat oleh Sekretaris Desa; (b). Pelaksana kegiatan, dijabat oleh Kepala Seksi (bidang keuangan); (c). Bendahara, dijabat oleh staf pada Urusan Keuangan.

Kepala Desa

Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa adalah Kepala Desa yang karena jabatannya mempunyai kewenangan menyelenggarakan keseluruhan pengelolaan keuangan desa.

Kepala Desa sebagai pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan desa, mempunyai kewenangan: a. menetapkan kebijakan tentang pelaksanaan APBDesa; b. menetapkan PTPKD; c. menetapkan petugas yang melakukan pemungutan penerimaan desa; d. menyetujui pengeluaran atas kegiatan yang ditetapkan dalam APBDesa; dan e.melakukan tindakan yang mengakibatkan pengeluaran atas beban APBDesa.

[Selanjutnya…]

stuban bengkulu & pariamanTuntutan Ganti Kerugian yang dikenal dengan “TGR” adalah sebuah proses yang di lakukan terhadap pegawai negeri bukan bendahara atau pejabat lainnya serta pihak lainnya dengan tujuan untuk menuntut penggantian kerugian yang disebabkan oleh perbuatannya melanggar hukum dan/atau melalaikan kewajibannya atau tidak melaksanakan kewajibannya sebagimana mestinya, sehingga baik secara langsung dan tidak langsung, Daerah menderita kerugian keuangan atau barang daerah.

Hal ini pun yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo sehingga meraih opini pengelolan keuangan tertinggi dari Badan Pemeriksa Keuangan R.I dan mejadikan Kabupaten Gorontalo sebagai salah satu Kabupaten percontohan dalam Hal Pengelolaan keuangan yang bersih dan Akuntabel.  Prestasi ini pun yang menjadi sebuah daya tarik bagi daerah lain untuk dapat secara langsung melihat dan mempelajari bagaimana Sistem Pengelolaan Keuangan di Kabupaten Gorontalo yang telah meraih Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) sebanyak Enam kali.

[Selanjutnya…]

TIM GABUNGANDi bebani dengan kekalahan 1-2 tahun yang lalu 2015 di stadion klabat manado, PS. Interna Fakultas Kedokteran Unsrat Manado tak mampu revans atas tim kesayangan DPPKAD Kabupaten Gorontalo PS. Probadut, di lapangan Yonif 712 Tateli, Manado Jumat sore 22 Januari 2016.

Mengawali pertandingan dengan materi pemain muda (dokter-dokter spesialis penyakit dalam), PS. Interna mengusung target “Menang” untuk membalas kekalahan atas PS. Probadut. Ini di buktikan dengan pola permainan menyerang pada awal babak pertama. Mengandalkan kecepatan pemainnya, PS. Interna mencoba menguasai jalannnya pertandingan dan memaksa PS. Probadut untuk bertahan pada awal babak pertama.  Serangan demi serangan dilakukan untuk menghasilkan Gol namun selalu kandas di kokohnya pertahanan PS. Probadut.

[Selanjutnya…]

« Berita Sebelumnya