header image
 

gaji 13 cairLimboto – PNSD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo tidak perlu menunggu lama dalam penantian pembayaran gaji bulan ke-13. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Gorontalo mulai hari ini, Rabu (01/07) sudah akan melakukan pencairan gaji 13 bagi PNS tersebut. Pencairan gaji 13 itu dilakukan setelah Pemerintah Kabupaten Gorontalo menerima Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2015 tentang Pemberian Gaji/Pensiun/Tunjangan Bulan Ketiga Belas dalam Tahun Anggaran 2015 kepada Pegawai Negeri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun/Tunjangan. Sesuai dengan bunyi Pasal 3 Ayat (1) PP tersebut, besarnya gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas adalah sebesar penghasilan pada bulan Juni 2015.

Untuk pembayaran gaji ke-13 tersebut, Pemkab Gorontalo telah menganggarkan dana sekitar Rp. 25,5 Milyar (Rp.25.566.290.980,00). Anggaran tersebut masuk dalam pos anggaran belanja tidak langsung pada APBD induk tahun 2015, seperti yang diungkapkan Bupati Gorontalo David Bobihoe Akib pada Apel Korpri Rabu (17/06) atau satu hari menjelang Ramadhan 1436 H.

[Selanjutnya…]

Catatan Pojok

YUSRAN LAPANANDA, SH. MH.
Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan & Aset Daerah Kabupaten Gorontalo.

paluhakim2

APBD setelah melalui tahapan penyusunan oleh pemerintah daerah, pembahasan bersama oleh DPRD dengan pemerintah daerah, persetujuan DPRD hingga evaluasi oleh Mendagri untuk ranperda provinsi tentang APBD dan ranper gubernur tentang penjabaran APBD, dan oleh Gubernur untuk ranperda kabupaten/kota tentang APBD dan ranper bupati/walikota tentang penjabaran APBD. Tahapan akhir adalah penetapan ranperda provinsi/kabupaten/kota tentang APBD menjadi perda, dan ranper gubernur/bupati/walikota tentang penjabaran APBD menjadi peraturan gubernur/bupati/walikota tentang penjabaran APBD, yang ditandai dengan penomoran, penandatanganan dan pengundangan ke dalam lembaran daerah.

[Selanjutnya…]

Penyerahan Laporan PrognosisLimboto – Bupati Gorontalo David Bobihoe Akib melalui Ayuba Hida M. Pd., selaku Asisten III Bidang Administrasi Umum menyerahkan Laporan Realisasi Semester Pertama APBD dan Prognosis Enam Bulan Berikutnya yang dirangkaikan dengan penyerahan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan Tahun Anggaran 2015 kepada Ketua DPRD Sahmid Hemu di Ruang Rapat Gedung DPRD, Rabu (01/7). Penyerahan Laporan Realisasi semester I APBD dan Prognosis 6 bulan berikutnya ini sudah sesuai dengan amanat Pasal 293 ayat 1 Permendagri Nomor 13 tahun 2006 sebagaimana diubah dalam Permendagri Nomor 21 tahun 2011 yang mensyaratkan akhir Bulan Juli sebagai batas waktu pengumpulan laporan.

[Selanjutnya…]

« Berita Sebelumnya